Bandung memang tak pernah ada habisnya, selalu tahu cara memanjakan para tamunya. Berikut rekomendasi wisata Bandung untuk habiskan akhir pekan.

Kota Bandung tidak henti-hentinya bersolek demi memanjakan para tamu yang datang ke tempat ini. Tidak hanya perkembanganfashiondan aneka kulinernya saja, tetapi juga aneka tempat hiburan dan penginapan berlomba-lomba mempercantik diri demi menarik hati wisatawan.

Buat mereka yang tinggal di Jakarta, Bandung menjadi destinasi wisata singkat saat akhir pekan. Mulai dari wisata adventure, wisata kuliner, hingga wisata keluarga pun ada.

Jadi, jika bingung dengan destinasi akhir pekan apa yang akan dikunjungi, berikut kami rekomendasikan 10 tempat wisata Bandung menarik untuk dikunjungi:

  1. Dago Dream Park, perpaduan wisata alam dan spot instagramable yang asik Rekomendasi destinasi akhir pekan yang pertama adalah Dago Dream Park.

Tempat wisata Bandung yang populer di kalangan pengguna Instagram ini memiliki fasilitas liburan lengkap. Mulai dari permainan unik yang bisa dijajal para pencinta hal-hal ekstrem, hingga wahana yang dapat dinikmati oleh anak-anak dan rombongan keluarga. Salah satu yang populer adalah karpet dan bangku terbang seperti foto di atas ini.

Saat weekend, Dago Dream Park buka dari pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Lokasi: Jl. Dago Giri KM 2.2, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

  1. Merasakan pengalaman mengudara dengan balon udara dan mengitari Gedung Sate tempo dulu Wisata Bandung, salah satu sudut di Musem Sate. Foto dari sini

Kali ini,Museum Satemenghadirkan pengalaman nyata dan virtual yang sangat mendalam dalam menampilkan koleksi teks, gambar dan film museum.

Data dan informasi bersejarah dalam museum ini disajikan dalam bentuk infografis yang menarik. Sehingga, para wisatawan bisa memahami informasi yang disampaikan dengan mudah.

Yang lebih menarik lagi, pengunjung Museum Sate bisa merasakan pengalaman mengudara dengan balon udara dan mengitari Gedung Sate tempo dulu.

Bukan menggunakan mesin waktu, tapi dengan mengenakan kacamata virtual yang ada di ruang virtual reality. Dengan kacamata virtual, sensasi naik balon udara jadi lebih nyata.

  1. Sanghyang Heuleut Cipatat, Bandung Barat, laguna tersembunyi milik para bidadari Wisata Bandung, Laguna sang bidadari Bandung. Foto dari sini

Untuk menuju surga tersembunyi Paris van Java ini, diperlukan usaha sedikit ekstra. Kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk trekking menuju lokasi. Hati-hati, karena jalur menuju surga cukup curam. Tapi, tak perlu patah arang, karena pemandangan hutan lebat dan bebatuan purba yang tinggi menjulang akan menemani perjalanan. Waktu tempuh dua jam akan terasa cepat.

Lokasi Laguna Sanghyang Heuleut Cipatat berada di Bandung Barat. Lebih mudahnya, dari pusat Kota Bandung ambil rute menuju Padalarang, kemudian lanjutkan perjalanan menuju pintu gerbang PLTA Saguling. Wisata Bandung yang sedang hits ini berada di kawasan PLTA Saguling.

  1. Nongkrong santai bareng keluarga di Banyu Leisure Park Area outdoor Banyu Leisure Park. Foto dari akun instagram berry_priadi

Banyu Leisure Park juga menawarkan tempat yang nyaman untuk nongkrong keluarga. Jadi kalau ingin berlibur dengan keluarga tapi bingung ke mana langsung saja ke sini.

Banyu Leisure Park ini memiliki ruangoutdoordan semi-outdoor.Pengunjung bisa memilih untuk duduk santai ataupun lesehan di beberapa spot.

  1. Berbaur dengan sejuknya alam di Ranca Upas Smart Camp Adventure Wisata Bandung di Rnca Upas, bertemu rusa lucu. Foto dari sini

Selain sering digunakan sebagai kegiatanoutbond,Ranca Upas Smart Camp Adventure juga menyediakan tenda sebagai tempat untuk bermalam yang nyaman dan bersih.

Selain disediakan tenda sebagai tempat penginapan, dinginnya suhu di sini, membuat Ranca Upas Smart Camp Adventure menawarkan fasilitas seperti kolam air hangat lengkap dengan sarana bermain air.

Pengunjung dapat memberi makan rusa di sini.

  1. Nikmati sensasi Sky Swing The Lodge Maribaya, Bandung Bandung memang tak pernah sepi wisata. Foto oleh intankmlya

Wisata Bandung memang tidakpernah kehabisan spot fotogenik untuk para pencinta selfie.

Di Lodge Maribaya misalnya, pengunjung bisa menjajal sky swing, sensasi berayun di atas jurang yang berlatar dengan hijaunya hutan pinus.

Di Lodge Maribaya juga terdapat wahana rumah pohon yang takkalah fotogenik dengansky swing.

Sayangnya ketika hari libur harus super sabar karena antriannya yang sangat panjang karena wisata Bandung ini sangat menarik untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Maribaya No. 149/252, RT. 03/15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Kab. Bandung, Jawa Tengah

  1. Kota Mini, destinasi wisata Bandung ala Eropa Di sini terdapat banyak wahana yang bisa dijelajahi. Dekorasi ruangannya mirip Eropa.

Kota Mini ini mengusung tema Eropa klasik. Tema ini sangat serasi dengan suasana dunia fantasi yang ada dalam film-film kartun. Bangunan-bangunan dan pernak-pernik disulap menjadi ala negera Eropa.

Wahana yang disediakan tempat wisata Bandung ini sangat beragam. Total ada 12 wahana yaitu kantor polisi, rumah sakit, salon, pasar, rumah kucing, fruits house, resto outdoor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Tak perlu jauh-jauh ke Shanghai, Bandung sekarang punya Chinatown Foto di depan rumah khas China. Foto dari instagram gemarngopi

Di Chinatown, terdapat banyak bangunan dengan gaya arsitektur khas China.

Selain itu kuliner otentik China juga ada di sini. Di sini banyak tempat-tempat yang jualan makanan China, lengkap dengan kursi dan meja makan khas Tionghoa yang disatukan di tengahvenue.

  1. Santap makan di atas kapal pesiar ala Pinisi Resto Berfoto di tengah kabut. Foto dari Instagram dinni_s

Dilihat dari kejauhan, bangunan restoran ini seperti kapal pinisi. Kabut yang menyelimuti saat malam hari pun makin menciptakan suasana seolah kapal siap berlayar.

Di atas kapal ini, para pengunjung restoran akan diajak untuk menikmati santap makan yang lezat dengan pemandangan pegunungan dan hijaunya pepohonan sekitar.

Lokasi wisata Bandung yang baru dibuka pertengahan tahun 2016 ini langsung jadi spot favorit pengunjung kota kembang. Untuk masuk ke sana harus membayar 10 ribu rupiah, itu sudah termasuk makanan atau minuman.

  1. Camping denganfasilitas hotel berbintang beratapkan bintang-bintang di Lakeside Rancabali Sama halnya seperti Ranca Upas Smart Camp Adventure, Glamping Lakeside Rancabali pun akan memberikan pengalaman bermalam di tengah alam bebas namun dengan fasilitas yang mewah. Tak perlu lagi membawa kompor lapangan atau pun cooking set, semua sudah disediakan.

Lokasi tempat wisata Bandung ini sangat istimewa karena berada di tepi danau.

Glamping Lakeside Rancabali bisa dijadikan alternatif kegiatan akhir pekan bagi yang ingin merasakan tidur di dalam tenda dengan fasilitas hotel berbintang beratapkan bintang-bintang.

Lokasi glamping ini berada di Situ Patengan Ciwidey, masih satu area dengan Pinisi Resto.