Sebagai kota yang dekat dengan Jakarta, Bogor sering dijadikan sebagai destinasi wisata bagi masyarakat kota metropolitan yang ingin berlibur atau sekedar refreshing. Hingga saat ini, kawasan Puncak Bogor adalah tempat wisata yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan.

Namun, bila Anda bosan jalan-jalan ke puncak, Anda bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata lainnya yang ada di Bogor. Tidak usah khawatir akan menghabiskan banyak uang karena banyak tempat tempat wisata di Bogor yang murah meriah. Apa sajakah itu?

10 Tempat Wisata Murah di Bogor

  1. Gunung Pancar
    • sumber:

Kawasan wisata alam di Bogor yang sangat terkenal adalah Gunung Pancar. Pasalnya, di sekitar gunung ini terdapat kolam pemandian air panas yang bisa Anda manfaatkan untuk berelaksasi. Di kawasan Gunung Pancar ini bisa digunakan untuk berkemah. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti hiking, bersepeda, sampai dengan menunggang kuda.

Di tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan hutan pohon pinus yang sangat terawat dan tampak asri. Sejumlah satwa hidup bebas di dalam hutan ini. Oleh karena itu, ketika berada di sini sebaiknya Anda tidak terlalu jauh berjalan dari perkumpulan wisatawan lainnya yang sedang bersantai di sini.

  1. Situ Gede

Danau seluas 6 hektar ini dikelilingi oleh hutan yang rindang. Masyarakat Bogor kerap kali mengunjungi Danau Situ Gede ini untuk memancing, menaiki perahu, atau sekedar berjalan-jalan di hutan. Bahkan, danau ini kerap kali dijadikan lokasi syuting FTV atau sinetron, lho.

Bila Anda sedang beruntung, ketika berjalan-jalan di hutan yang ada di kawasan Situ Gede ini, Anda akan berjumpa dengan rusa-rusa cantik yang memang tinggal di dalam hutan. Berkunjung ke situ ini pastinya sangat cocok bagi Anda yang sudah penat dengan aktivitas kerja di kantor.

  1. Kampung Sindang Barang

Berwisata sambil mengenal budaya, kenapa tidak? Anda bisa mengunjungi salah satu kampung budaya yang juga dikenal sebagai kampung adat, Sindang Barang. Di sini, Anda bisa mengenal tradisi dan budaya yang menjadi warisan turun temurun.

Selain itu, ketika berjalan-jalan di Kampung Sindang Barang, Anda akan menghirup udara sejuk dengan hawa yang adem. Hal itu dikarenakan Kamping Sindang Barang berada di bawah kaki Gunung Salak. Kampung yang berjarak 5 KM dari Kota Bogor ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berelaksasi dan mencari ketenangan.

  1. Air Terjun Bidadari

Berada di Kawasan Sentul Paradise Park, Air terjun bidadari ini memiliki ketinggian hampir 74 meter. Mata air yang didapat di air terjun ini masih terbilang bersih. Nampaknya, kawasan ini memang sengaja dipugar menjadi tempat wisata. Hal ini terlihat jelas dengan replika kolam yang dibuat untuk menampung air terjun ini.

Kolam ini nampak seperti kolam renang nyata. Nah, apakah Anda ingin bersantai di dekat air terjun ini? Kunjungi saja Air Terjun Bidadari sebagai destinasi pariwisata yang selanjutnya.

  1. Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng
    • sumber:

Menghabiskan waktu liburan sembari mandi dengan air panas memang mengasyikkan. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Bogor yang murah dan terkenal ini.

Hanya dengan tiket masuk seharga 10 ribu rupiah, Anda dapat berendam di kolam air panas yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Dengan air panas, Anda juga dapat berelaksasi untuk melepas lelah akibat rutinitas sehari-hari.

  1. Taman Riung Gunung
    • sumber: wisatakuliner09.blogspot.co.id

Di sekitar Gunung terhampar kebun teh yang luas dan menyejukkan mata. Taman Riung Gunung ini juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak-anak. Bahkan, Anda diperkenankan untuk memasang tenda untuk membangun berkemah di alam terbuka.

Hamparan kebun teh berwarna hijau ini nampak asri dan membuat kita merasa rileks apalagi sambil menikmati secangkir teh hangat. Nah, bila ada uang lebih, Anda bisa memilih penginapan yang menawarkan view dari kebun teh tersebut.

  1. Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor

Kebun botani seluas 85 hektar ini memiliki lebih dari 15 ribu spesies tumbuhan. Kebun botani tertua di Asia ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berpiknik. Di area belakang kebun terdapat sebuah danau dengan pemandangan yang indah dan menyejukkan. Di sekitar danau banyak orang yang bersantai dan berpiknik sembari bercengkrama dengan kerabat.

Usai melihat-lihat tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor, Anda bisa mengunjungi rumah dinas presiden, Istana Bogor. Jika beruntung, Anda bisa bergabung dengan rombongan khusus yang sudah memperoleh ijin untuk mengunjungi bagian dalam istana. Di dalam istana terdapat patung dan lukisan yang indah.

Selain itu, di taman depan Istana Bogor terdapat banyak rusa-rusa cantik yang memang dilestarikan di sini. Anda dapat mengajak anak-anak untuk melihat rusa-rusa tersebut dari jarak dekat.

  1. Museum Zoologi

Museum Zoologi merupakan destinasi wisata murah selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Di museum ini, Anda bisa melihat hewan-hewan yang diawetkan atau fosil hewan. Tempatnya masih terletak di dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Anda bisa mengajak anak-anak kesini untuk memberikan edukasi seputar dunia fauna.

Walaupun hanya museum, tempat ini memiliki koleksi jenis hewan yang cukup banyak. Selain itu, jika Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai tingkat keamanan untuk anak-anak, karena hewan disini dipajang dalam keadaan fosil atau diawetkan.

  1. Agro Gunung Mas

Setali tiga uang dengan Taman Riung Gunung, Agro Gunung Mas ini juga menawarkan pemandangan kebun teh yang sangat luas. Ketika melihat hamparan kebun teh yang begitu hijau, Anda akan serasa melihat permadani berwarna hijau asri yang terbentang di depan mata.

Di tengah-tengah kebun teh Anda akan melihat beberapa pemetik teh yang sedang bekerja di sana. Karena pemandangan yang otentik inilah Agro Gunung Mas sering dijadikan tempat hunting foto bagi para fotografer.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
    • sumber: cianjurnews27.blogspot.co.id

Ada begitu banyak taman nasional yang terletak di Jawa Barat, salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Memiliki luas sekitar 21 hektar, taman nasional ini dihuni oleh beragam jenis flora dan fauna yang unik.

Selain melihat spesies tumbuhan dan hewan yang ada di wilayah taman nasional ini, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan gunung yang berdiri dengan kokoh. Tentu saja, taman nasional ini memang berada di antara dua gunung, yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Dapat dipastikan bahwa udara di sekitar nasional ini sejuk dan bebas polusi.

Tempat Wisata Murah Lainnya Masih ingin jalan-jalan di Bogor dengan biaya yang minim? Tenang saja, Keluyuran akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Bogor lainnya yang harganya terjangkau. berikut daftar lengkapnya:

  1. Air Panas Ciparay
    • sumber: jakarta.panduanwisata.id

Ingin mencari tempati wisata di Bogor yang murah dan bisa dipakai untuk bersantai sambil melepas lelah?Yuk, datang saja ke Air Panas Ciparay. Destinasi wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Air panas yang mengisi kolam pemandiannya benar-benar asli dari sumbernya.

Kolam pemandian air panas Ciparay ini sangat asri karena dikelilingi oleh pepohonan hijau. Selain itu, di sini juga terdapat saung-saung yang bisa digunakan untuk bersantai dan warung-warung yang menjual makanan. Untuk masuk ke pemandian Air Panas Ciparay Anda hanya perlu membayar sekitar 5 ribu rupiah saja per orang.

  1. Taman Meksiko
    • sumber:

Berada di kawasan Kebun Raya Bogor, Taman Meksiko memberikan pengalaman untuk merasakan berada di gurun tanpa harus terbang langsung ke luar negeri. Sesuai dengan namanya, taman ini ditumbuhi dengan tanaman-tanaman khas Meksiko dan gurun pasir, seperti kaktus, agave, yucca, dan tumbuhan sekulen lainnya.

Ada beberapa patung ala musisi Meksiko di taman ini yang biasa dijadikanspot foto bagi pengunjung. Datanglah kemari saat musim panas agar Anda merasakan sensasi berjalan-jalan di padang gurun yang sebenarnya. Di Taman Meksiko Anda juga bisa memberikan edukasi mengenai tumbuhan kepada anak-anak.

  1. Telaga Warna

Salah satu tempat wisata di Bogor yang murah dan sangat terkenal adalah Telaga Warna. Ini merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan panorama telaga yang sangat asri dan suasananya pun juga tenang. Tempat wisata ini berada di kawasan Puncak Pass Cisarua, Bogor.

Jika ingin mengelilingi telaga kita bisa menyewa perahu atau sepeda air. Bagi Anda yang hobi fotografi, tempat ini juga sangat cocok untukhunting foto karena keindahan panorama di Telaga Warna memang sangat cantik. Udara sejuk di sekitar telaga ini juga membuat kita rileks setelah sibuk bekerja setiap hari.

  1. Suaka Elang Loji
    • sumber: ksmtour.com

Sesuai dengan namanya, di sini adalah penangkaran burung predator elang. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan burung elang. Adapun di tempat ini terdapat berbagai jenis burung elang, meskipun beberapa spesies di antaranya sudah terancam punah.

Yang menarik dari Suaka Elang Loji ini adalah tempatnya yang berada di tengah hutan yang asri. Banyaknya pohon-pohon yang rimbun membuat udara di sekitar tempat wisata ini jadi sejuk. Apalagi ada jembatan gantung yang biasa dijadikan tempat foto bagi wisatawan yang berkunjung kemari.

  1. Gunung Kapur Klapanunggal
    • sumber: indonesia.tripcanvas.co

Bekas penambangan kapur ini mulai dikenal oleh wisatawan sebagai tempat wisata di Bogor yang murah eksotis. Hamparan tebing kapur yang luas ini berada di Desa Klapanunggal, Cileungsi, Bogor. Untuk masuk ke tempat wisata ini masih gratis alias tidak dipungut biaya.

Pemandangan tebing kapur berwarna putih kehitaman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi tempat wisata ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan sehingga Anda bisarefreshing di sini. Gunung Kapur Klapanunggal ini juga sering dipakai sebagai lokasi fotopre-wedding.

Faktanya, ada banyak tempat wisata di Bogor yang murah dan patut untuk dikunjungi. Daftar tempat wisata ini dapat Anda jadikan referensi destinasi wisata lainnya selain puncak atau taman safari yang ada di Bogor. Jangan lupa pula untuk mencoba kuliner lezat khas Bogor yang pernah kami ulas di artikel ini.